Fasilitator dan UPK Telah Memprakarsai Terbentuknya Koperasi "Kompak Mandiri"

Satu kekuatan yang coba dibangun oleh pengurus UPK dan Fasilitator PNPM Kabupaten Bone Bolango, dimana berdasarkan prakarsa bersama pada tanggal 24 September 2014 telah dibentuk Koperasi bersama yang diberi nama “Kompak Mandiri”. Pendirian koperasi ini sebagai wujud kebersamaan antara pelaku PNPM Se-Kabupaten Bone Bolango, menghimpun kekuatan dalam rangka peningkatan kesejahteraan dan pemenuhan pananganan kebutuhan yang saat ini semakin kompleks. Banyak lembaga penyedia  dana pinjaman namun sangat disayangkan hanya menguntungkan pemilik modal tertentu. Melalui pembentukan KSU “Kompak Mandiri” diharapkan menjadi contoh terbaik pengelolaan dalam koperasi yang lebih memberi ruang bagi anggotanya untuk meningkatkan kesejahteraan. Pada pertemuan yang diprakarsai oleh UPK dan Fasilitator “Kompak Mandiri” mendapat dukungan penuh dari seluruh pelaku dengan pendaftar Calon Anggota awal sebanyak 67 Orang dan pada saat itu pula telah disepakati bahwa untuk masing-masing anggota menyetor simpanan pokok sebesar Rp.100.000 dan Simpanan Wajib Rp.50.000 Per bulan. Dari simpanan ini telah terkumpul modal awal sebesar Rp.10.050.000.
Rencananya Koperasi ini akan bergerak dibidang Pembiayaan Barang, Simpan Pinjam dan Penyediaan Barang dan Jasa, bagi anggota yang membutuhkan pinjaman dana atau barang apa saja, maka anggota tinggal menghubungi pengurus, selanjutnya model pembayaran bisa diangsur 6 sampai 12 Bulan.

Menurut Bendahara Koperasi yang terpilih Herlina Panigoro “Koperasi ini dibentuk atas dasar kebersamaan dan potensi yang dimiliki oleh Pelaku PNPM Tingkat Kabupaten, dan hal menjadi ironis kalau seandainya potensi ini tidak dikembangkan atau diwadahi oleh satu lembaga yang bergerak dibidang peningkatan kesejahteraan masyarakat, nantinya melalui lembaga ini kita akan mencoba memberi warna baru bagi perkoperasian di Gorontalo, kita akan mengelola lembaga ini secara professional dimana lebih mengutamakan kepentingan anggota secara bersama”

Mengingat keanggotaan koperasi ini tersebar diseluruh Kecamatan Se-Kabupaten Bone Bolango dengan jarak tempuh yang cukup jauh, maka akan dibentuk Cabang dimasing-masing dapil yakni dapil Suwawa, Dapil Bulango, Dapil Kabila dan Dapil Bone Pesisir.

(red:ohz)