Diskoperindag : Kami Akan Badani Kompak Mandiri Jadi Pilot Project Perkoperasian

Perwakilan Sikompak Saat Menemui Kabid Koperasi
Menindak lanjuti hasil rapat pembentukan koperasi Kompak Mandiri pada tanggal 24 September 2014, pengurus yang terpilih melakukan konsolidasi dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bone Bolango, pertemuan yang digelar pada hari rabu 8 Oktober 2014 dalam rangka membahas persiapan Kompak Mandiri yang telah didirikan untuk menjadi Koperasi yang Berbadan Hukum. Utusan Si Kompak Mandiri yakni Agus Nuai, Moh.Nur, Reynold, Sarda, Susanto dan Arfan Suleman diterima langsung oleh Kepala Bidang  Koperasi Ibu Liliyanti diruang kerjanya. Dengan sangat ramah Kabid Koperasi menyampaikan beberapa hal terkait dengan pengembangan koperasi diantaranya seperti dalam kutipan berikut :
“Saya sangat senang dengan kedatangan adik-adik yang punya inisiatif untuk memprakarsai pendirian koperasi karena saat ini banyak kalangan muda yang setelah lulus dari perguruan tinggi hanya berfikir untuk menjadi PNS padahal banyak potensi yang dimiliki untuk dapat dikembangkan, salah satunya dengan menghidupkan koperasi”
 “Namun, sebelum mendirikan koperasi saya berharap adik-adik agar melakukan kegiatan usaha sebagai embrio dari koperasi nanti. Anggota dan pengurus harus berfikir untuk menghidupkan koperasi jangan berfikir untuk hidup dari koperasi. Karena banyak koperasi-koperasi yang didirikan, hanya karena ingin memperoleh bantuan dana dari Pemerintah, tidak heran Koperasi model itu   tidak mampu melakukan usaha atau kegiatan-kegiatan perkoperasian. Pengurus dan anggota cenderung mencari keuntungan pribadi”
Ditanya soal bagaimana Koperasi dapat badan hukum, Kabid Koperasi yang sering disapa Ibu Lily ini dengan ciri khasnya, menyampaikan bahwa pihaknya bersedia membantu dalam hal pengurusan Badan Hukum Koperasi disela candanya bliau menantang pengurus untuk menjadikan Kompak Mandiri sebagai Pilot Project Perkoperasian di Kabupaten Bone Bolango. Pernyataan ini serentak membuat para perwakilan Si Kompak untuk tidak sabar meladeni tantangan positif tersebut.
Ruang Tunggu 
Suasana diskusi semakin seru dengan tukar penapat, meskipun sudah masuk jam istirahat kantor. Kabid Koperasi masih tetap semangat untuk memberi penjelasan kepada para utusan Si Kompak.
“Tolong dirancang agar Kompak Mandiri memiliki unit usaha diseluruh Kecamatan yang ada di Bone Bolango, karena saya yakin dan percaya dengan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki oleh pengurus saat ini bisa membawa nama baik Koperasi yang ada di Bone Bolango”   
Harapan dari Kabid Koperasi ini menjadi penyemangat bagi seluruh anggota Si Kompak Mandiri, pukul 15.10 Wita, Perwakilan Si Kompak dengan wajah ceria berpamitan untuk kembali ke Sekretariat. Dengan akrabnya Kabid Koperasi mengantar para utusan sampai naik kenderaan, ini adalah pemandangan yang sangat luar biasa yang ditunjukan oleh Dinas Koperasi dalam rangka memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.
Sesampainya di Sekretariat, anggota lain yang telah lama menunggu tidak sabar ingin mendengarkan hasil pertemuan tersebut. Setelah mendapat penjelasan dari ke enam utusan Si Kompak, seluruh anggota bersepakat untuk memegang teguh harapan dari Dinas Koperasi dan akan mengajak pelaku PNPM dan Masyarakat Umum untuk bergabung dalam Koperasi. Sebagai Langkah awal saat ini sudah 22 Orang anggota yang telah menyetor simpanan pokok dan simpanan wajib,  dan dana simpanan yang telah terkumpul telah disalurkan kepada Calon Pemanfaat dalam bentuk pembiayaan barang.  
Moh.Nur Lasanudin Salah Satu Pendiri menyatakan “Kami menargetkan pada bulan oktober ini anggota Koperasi bisa mencapai 50 Orang, namun setiap calon anggota akan melalui tahap seleksi agar koperasi ini benar – benar dihuni oleh para anggota yang militan”


(Red:OHz)