Goresan Fasilitator

Senam Pelatihan KPMD Bone Pantai
Bone Pantai
Iswandi Yahya





Jalan Merdeka Pelita Hijau Bone Pantai
Bone Pantai
Iswandi Yahya



SPKP Ujung Tombak Mensejahterakan Masyarakat
Suwawa Timur
Dick-Dick Herawan 

Dalam rangka mencapai tujuan MDG’s pemerintah melakukan berbagai strategi dengan berbagai program yang diluncurkan untuk mengurangi angka kemiskinan yang masih cukup tinggi, PNPM Mandiri perdesaan merupakan salah satu program penanggulangan kemiskinan yang menjadi salah satu acuan keberhasilan pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan.
SPKP (Simpan Pinjam Kelompok Perempuan) merupakan salah program PNPM Mandiri Perdesaan yang diprioritaskan dengan sasaran peningkatan usaha ekonomi keluarga dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Namun perjalanannya tidak semulus apa yang diharapkan Simpan Pinjam Perempuan sejatinya dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin tetapai sasaran terebut belum tercapai sepenuhnya karena masih ada beberapa oknum yang menyalahgunakan sasaran tersebut sehingga tidak sedikit masyarakat yang terlilit masalah tunggakan SPKP/ SPP.

Dalam mencapai sasaran yang menjadi tujuan program untuk peningkatan kesahteraan masyarakat, diperlukan penyadaran pada diri masyarakat tentang perubahan mainset dan mengenali potensi yang ada disekitarnya untuk melakukan perubahan hidup yang lebih baik. Belum mandirinya masyarakat sehingga masih dibutuhkan pendampingan oleh fasilitator dalam merangkai kehidupan yang lebih baik. Dick.Com



IKLAN LAYANAN PNPM
Bulango Ulu
Irwanto Bempa
                                             







KEMANDIRIAN KADER TEKNIS
Tilongkabila 
mariadi lowa

Keberadaan kader teknis desa sangat penting untuk kemajuan sebuah desa untuk menuju sebuah desa mandiri, apalagi tantangan kedepan sebuah desa sangat berat ini dikarenakan oleh besarnya anggaran desa yang nantinya akan dikelola secara mandiri oleh desa. Dan keberadaan fasilitator teknik kecamatan yang belum jelas setelah disahkannya Undang-undang Desa.
Oleh karena itu pelatihan kader teknis yang di fasilitasi oleh PNPM  harus dimaksimalkan, sehingga apa yang menjadi harapan untuk menjadi desa mandiri bias terwujud.
Konsep pemberdayaan yang ada selama ini masih perlu dikaji ulang, karena selama ini kita lebih focus kepada pembangunan sarana prasarana tanpa memikirkan bagaimana pembangunan manusianya, maka dari itu melalui pelatihan kader teknis ini bisa menghasilkan kader teknis yang lebih mandiri dan tidak ada lagi ketergantungan kepada fasilitator kecamatan.
Pelatihan kader teknis yang dilaksanakan di kecamatan Tilongkabila pada tanggal 2 – 4 april 2014 lebih difocuskan pada materi tentang penyusunan Desain dan Rab yang sederhana baik penyampaian materi secara teori maupun praktek (simulasi).

“KEBERHASILAN PEMBERDAYAAN ADALAH KETIKA SEMUA PELAKU DIDESA BERTERIAK BAHWA MEREKA TIDAK BUTUH LAGI FASILITATOR”